Pemerintah Akan Memasang Gambar Menyeramkan Pada Bungkus Rokok

1 07 2014

Apa maksud istilah “Menyeramkan” pada judul tulisan saya di atas? Adalah pictoral health warning (PHW) yaitu gambar-gambar gangguan kesehatan atau penyakit serius yang bisa disebabkan dari konsumsi rokok biasanya PHW ini berupa foto yang terletak di bungkus rokok. Jika kita pernah membeli rokok impor pasti kita melihatnya karena mereka lebih dahulu menerapkan ini, tetangga kita Singapura, bahkan sudah menerapkan sejak sekitar 4 tahun yang lalu. Saya setuju dengan ide pemerintah yang sudah mulai tegas dalam menginformasikan bahaya rokok kepada masyarakat dimana sebelumnya hanya menggunakan peringatan tertulis yang menurut saya sangat “halus” dan menurut saya kurang memberikan dampak kepada masyarakat khususnya calon perokok.


Contoh PHW yang ada di bungkus rokok

 

Dalam suatu review yang saya baca, combined warning ( Peringatan tertulis dan gambar) memiliki dampak yang lebih besar daripada hanya mengandalkan peringatan tertulis saja. Di beberapa Negara maju seperti jerman dan belanda peringatan tertulis hanya memiliki dampak kecil terhadap persepsi, motivasi seorang perokok tentang kebiasannya merokoknya dan motivasinya untuk berhenti.

Menurut beritasatu.com (Kamis/ 09) Jumlah perokok di Indonesia terus mengalami peningkatan drastis dimana Indonesia memasuki peringkat kedua tertinggi di dunia ini berlawanan dengan trend global yang menunjukan penurunan. Realitanya, prevalensi merokok di Indoneisa justru mengalami peningkatan dari 1980 hingga 2012. Saat ini diperkirakan sebanyak 52 juta orang perokok, menurut penelitian terbaru dari Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington. Ini bukan berita baik bagi Indonesia karena masyarakat kita menjadi pengkonsumsi rokok yang tinggi, kita menjadi target yang besar bagi produsen rokok sementara rokok bukan hal yang baik sama sekali untuk kesehatan kita.

Penyakit serius yang disebabkan oleh rokok

Berikut penyakit-penyakit yang dapat diakibatkan oleh rokok:

  • Kanker Paru-Paru
    ini merupakan dampak buruk terbesar dari rokok karena rokok masuk dengan cara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat yang ada pada asap rokok tersebut bisa merangsang sel dalam paru-patu untuk tumbuh secara tidak normal. Dan diperkirakan bahwa 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal karena kanker paru-paru.
  • Kanker Payudara
    karena saat ini merokok tidak hanya menjadi kebiasaan para pria, banyak dari wanita juga yang memang memiliki kebiasaan merokok. Bahaya Merokok bagi wanita sendiri sangat negatif karena bisa mengakibatkan kanker payudara.
  • Penyakit Jantung
    Jantung akan bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah karena asap rokok mengandung nikotin. Lalu kandungan karbon moniksida yang ada pada asap rokok pun bisa membuat jantung memompa darah lebih banyak lagi, hasilnya tentu akan terkena serangan jantung. Bahkan sebagian besat akan berdampak pada penyakit jantung koroner dan juga diabetes melitus.
  • Impotensi
    Merokok juga bisa meningkatkan disfungsi ereksi sekitar 50%. Hal tersebut bisa terjadi karena rokok bsia merusak pembuluh darah, dan nikotin yang ada pada rokok bisa mempersempit arteri hingga akiran darah terganggu. Jika seseorang sudah mengalami masalah impotensi maka hal tersebut bisa menjadi peringatan dini karena rokok juga bisa merusak organ lain dalam tubuh.

Hal-hal di atas mungkin membutuhkan waktu lama untuk terjadi namun terkadang masyarakat kurang menyadarinya, atau bahkan sadar namun mencoba untuk tidak memikirkannya dengan serius. Oleh karena itu dengan memasang PHW yang besar diharapkan akan memberikan gambaran seram mengenai dampak buruk dari merokok sehingga bagi yang sudah mengkonsumsi akan termotivasi untuk berhenti dan mencegah keinginan dari mereka yang ingin mencoba merokok, dalam hal ini anak-anak muda. Kita sebagai masyarakat cerdas sudah saatnya untuk hidup lebih sehat, jika kita peduli dengan kesehatan kita itu berarti kita juga peduli dengan orang-orang yang kita cintai, yaitu keluarga, teman dan saudara-saudara di sekitar kita. So, sudah saatnya STOP MEROKOK karena MEROKOK MEMBUNUHMU !

 

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: