Branchless Banking

17 06 2014

Yaitu system distribusi yang digunakan untuk menyediakan pelayanan keuangan tanpa harus bergantung kepada kantor cabang perbankan. Mungkin kita sudah familiar dengan
beberapa contoh teknologi branchless banking yaitu, Internet Banking, ATM, Mobile Banking, SMS Banking. POS Device. Masing-masing teknologi ini menyediakan pelayanan perbankan dan merupakan bagian dari system distribusi yang dapat digunakan secara terpisah maupun terkombinasi .

Secara teknis Branchless Banking didukung dengan teknologi mobile dan keberadaan agen branchless banking. Agent bank ini terdiri dari kegiatan non bank, seperti warung, agen keliling dan toko yang membantu dan memberikan layanan perbankan.
2
sumber:Business Financing Forum

Dari sumber Kontan, 17 juni 2014, Bank Indonesia akan segera menerbitkan izin layanan keuangan digital bagi sejumlah bank , saat ini ada 4 bank yang mengajukan izin mengadakan layanan digital ini yaitu, BNI, Mandiri, BRI dan BCA . BNI bahkan telah memilih 3000 agen individunya. Sebagai informasi, untuk menjadi agen individu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi :

  1. Minimal 2 tahun memiliki usaha dengan lokasi tetap
  2. Memiliki reputasi dan integritas di wilayah operasional
  3. Memiliki pengalaman bidang Finance
  4. Lulus uji tuntas
  5. Menempatkan deposit yang ditetapkan bank

Kehadiran branchless banking ini diharapkan menjadi salah satu solusi dalam menjangkau masyarakat yang berada jauh secara geografis dan memberikan pelayanan keuangan untuk mereka. Selain itu kehadiran branchles banking ini pun memberikan peluang yang baik bagi pihak-pihak yang ada di dalamnya, seperti Perbankan, Vendor Aplikasi, Provider Telekomunikasi, dan Agent

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: